Kamis, 26 Mei 2016

Arti kata weaboo

weaaboo, hmm, saya sering menggunakan istilah weaboo dalam beberapa postingan terakhir untuk merujuk pada diri saya. bagi kalian para weaboo pemula yang masih belum banyak tahu tentang istilah-istilah perjepangan barangkali masih belum tahu apa itu weeaboo.

weaboo itu apa sih gan?

Weaboo itu sampah gan. sampah masyarakat yang harus dibumi hanguskan dari tiap negara karena para weaboo ini tidak pernah menghargai budaya bangsanya sendiri dan seolah-olah seperti memuja-muja budaya jepang dan segala sesuatu tentang jepang. mereka berpikir jepang lah yang paling hebat.Yang ada dipikiran mereka cuma jepang TANPA benar-benar tahu dan mengerti tentang jepang. Sebagai contoh bahasa, kendati sangat mengagumi jepang para weaboo ini sama sekali tidak bisa bahasa jepang alih-alih tentang budaya jepang. Karena segala sesuatu yang mereka tau tentang jepang hanya dari anime.

sungguh ironi yang menyedihkan

weaboo itu sebenarnya dari kata japanese wannabe kadang juga disingkat menjadi weebs, artinya orang yang bukan orang jepang tapi pengen jadi orang jepang mereka melakukan berbagai cara agar dikira orang jepang. seperti mengatakan istilah jepang yang dicampur aduk dengan bahasa mereka di depan umum. biar dianggap orang jepang gitu, padahal bahasanya amburadul. jika kamu menemui orang berkata desu desu ditempat umum sudah bisa dipastikan orang itu weaboo. langsung pukul aja gan

Kalo weaboo itu sampah kenapa agan panggil diri agan sendiri weaboo?

kalau weaboo artinya japanese wanna be, maka mungkin saya ini adalah weaboo wanna be. Seorang weaboo sangat terobsesi dengan jepang. Mereka punya hasrat dan semangat yang tinggi tentang apa yang mereka sukai. Hasrat dan semangat mereka sungguh luar biasa hingga mereka tidak malu untuk melakukan hal hal memalukan di tempat umum demi apa yang mereka impikan, yakni menjadi orang jepang.  Jika mereka diberi cara yang tepat untuk memahami jepang yang sesungguhnya, dengan semangat yang mereka miliki, mereka mungkin akan menjadi sangat ahli terutama di bidang bidang yang berhubungan dengan jepang. Saya tidak bilang seorang weaboo itu benar. Apa yang mereka lakukan salah dengan tidak lagi menghargai budaya bangsa mereka sendiri. mereka sampah yang menjijikan.

Weaboo memang sampah, tapi orang yang  tidak punya hasrat, semangat, impian dan cita cita dalam hidupnya lebih buruk dari sampah. - obito uchiha

Namun, kenapa memilih menjadi sampah kalau bisa jadi berlian? jepang adalah jepang dan indonesia adalah indonesia. masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. setiap bangsa mempenuyai budaya nya sendiri-sendiri dan indonesia mempunyai banyak kebudayaan yang banyak dikagumi oleh bangsa asing. sangat disayangkan jika kita tidak menjaga budaya kita sebagai identitas bangsa disaat banyak negara lain yang kagum akan indonesia. kalo boleh dibandingkan antara indonesia dengan jepang. kita jauh lebih superior dalam banyak hal. jumlah kebudayaan yang ada di jepang tentunya tidak ada apa-apanya dibanding jumlah kebudayaan yang kita miliki dari sabang sampai merauke. Luas wilayah kita jauh lebih luas daripada jepang. kalau ada perang antara jepang dan indonesia saya yakin indonesia pasti menang.

meskipun dalam berbagai hal lain jepang lebih unggul... haha
barangkali para weaboo memang perlu disalahkan karena mereka malah jadi penghianat bangsa dan ikut memajukan budaya jepang.

lol, sekian.

tunggu gan, lha terus apa hubungannya weaboo dengan belajar bahasa jepang?

seperti yang saya jelaskan diatas weaboo itu tidak bisa bahasa jepang, yang mereka tahu itu cuma istilah-istilah dan ungkapan-ungkapan bahasa jepang tertentu yang kemudian mereka campur aduk dengan bahasa mereka. mereka sama sekali tidak bisa bahasa jepang.

karena itulah untuk menghindari menjadi seorang weaboo ada baiknya kita belajar bahasa jepang yang baik dan benar. biarpun alasan saya belajar bahasa jepang bukan karena itu. tapi setidaknya kita tidak akan dipanggil weaboo jika kita bisa berbahasa jepang yang baik dan benar.

1 komentar: